-->

BURUNG MURAI BATU

BURUNG MURAI BATU

ARSIP BURUNG - Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Burung ini termasuk salah satu burung yang cocok jadi hewan peliharaan.

Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif. Maka tak heran bila burung yang satu ini adalah salah satu burung kebanggaan untuk di pelihara di rumah.
Scientific classification
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Aves
Order : Passeriformes
Family : Muscicapidae
Genus : Copsychus
Species : C. malabaricus
Binomial name : Copsychus malabaricus
Synonyms : Kittacincla macrura dan Cittocincla macrura

Jenis jenis Murai Batu
Murai Batu yang dikenal di Indonesia dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan habitatnya dapat adalah sebagai berikut:
-Murai batu medan
-Murai Aceh
-Murai batu Nias
-Murai Jambi
-Murai batu Lampung
-Murai Banjar (Borneo)
-Murai Palangka (Borneo)
-Larwo (Murai Jawa)

Ciri jantan dan betina burung murai batu

Ciri jantan dan betina murai batu dewasa sebenarnya mudah dibedakan. Untuk murai dengan sub-spesies yang sama, maka untuk warna bulu jantan lebih mengkilat. Hitamnya hitam pekat kebiruan (berkilau, nyambeliler, seperti berhologram), sedangkan warna merahnya atau coklat, terlihat tajam kontras dengan warna di sebelahnya (hitam atau putih).Murai batu yang satu sub-spesies, ekor jantan lebih panjang ketimbang betinanya. Sedangkan lagunya, jantan lebih bervariasi
Sumber : omkicau.com | Gambar : google.com

Share this:

Disqus Comments