-->

Burung Sirpu

Burung Sirpu

ARSIP BURUNG | Burung Sirpu memiliki nama lokal yang lumayan banyak untuk setiap daerah yang memiliki burung ini. Mulai dari cipoh, sirpu, sirtu, cipew, dan catow merupakan burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang tubuh hanya sekitar 13 cm. Sempat dimasukkan dalam keluarga cica daun atau cucak-cucakan (Chloropside), kini sirpu ditetapkan sebagai anggota keluarga Aegithidae, dengan nama spesies Aegithina tiphia.


Perlu diketahui, sirpu yang biasa kita jumpai memiliki wilayah persebaran yang cukup luas, yaitu di Kawasan Oriental yang mencakup Asia Selatan (India, Srilanka, Bangladesh), wilayah selatan China, serta hampir seluruh negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.


Dalam literatur perburungan internasional, sirpu disebut sebagai common iora, untuk membedakannya dari green iora (Aegithina viridissima) atau cipoh jantung. Di Indonesia, sirpu memiliki nama resmi yaitu burung cipoh kacat, dengan wilayah persebaran Sumatera (Aegithina tiphia horizoptera), Kalimantan (Aegithina tiphia viridis), serta Jawa dan Bali (Aegithina tiphia scapularis).

Berikut adalah contoh suara Burung Sirpu.Klik tombol warna Orange untuk memutar dan Kilik tombol Download untuk Mengunduh.

Share this:

Disqus Comments